Berita Satu HD di satelit JC Sat 13. (Zemlenk)

Berita Satu HD di satelit JC Sat 13. (Zemlenk)

Seiring dengan bergantinya kepemilikan hak siar Liga Inggris untuk sejumlah wilayah di Asia dari ESPN Star (ESS) dan ke MP & Silva, ada beberapa perbedaan signifikan terkait kebijakan dari musim sebelumnya. Berbeda ketika EPL dipegang ESS, untuk tiga musim ke depan tampaknya tidak ada hak siar eksklusif lagi seperti dimiliki MNC Sky Vision dalam tiga tahun terakhir.

Pasalnya, setelah tv berbayar Orange TV dan NexMedia, kini Big TV pun resmi mendapatkan hak siar salah satu kompetisi sepakbola terpopuler didunia tersebut. Big TV merupakan tv berbayar milik Lippo Group yang rencananya akan launching pada Juli mendatang di kota Surabaya, Medan dan Makasar.

Lippo sebelumnya sudah memiliki tv berbayar First Media. Namun, karena berbasis kabel, tentu jangkauannya pun sangat terbatas. Kini, setelah mengudara dan tengah melakukan uji coba lewat satelit JCSAT 13 (124.0°E) di pita frekuensi KU Band dengan beam Southeast Asia, Big TV bisa mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Beam Big TV mencakup wilayah Indonesia. (jsat.net)

Beam Big TV mencakup wilayah Indonesia. (jsat.net)

Kepada adhifpress, salah satu petinggi  PT First Media Tbk, Peter Gontha, mengatakan bahwa Big TV sudah dipastikan akan menyiarkan Liga Inggris untuk musim mendatang. Sebanyak empat pertandingan akan dihadirkan setiap minggunya.“EPL Pasti! Kita dapat empat match per minggu, semua bisa ditonton,” katanya melalui akun twitter @PeterGontha.

Sementara, di BeritaSatuTV disebutkan, melalui Big TV, tayangan Liga Inggris akan disajikan dengan kualitas High Defenition (HD). Bila terealisasi, ini merupakan sebuah gebrakan baru. Untuk kali pertama Barclays Premier League (BPL) di Indonesia akan disajikan dengan tayangan yang lebih jernih lewat tv berbayar satelit.

List frekuensi uji coba Big TV di JC Sat 13. (Zemlenk)

List frekuensi uji coba Big TV di JC Sat 13. (Zemlenk)

Sebuah tantangan serius bagi OrangeTV, pay tv yang jauh sebelumnya sudah mengklaim satu-satunya yang mendapatkan hak siar platinum Liga Inggris dari MP & Silva atau memiliki hak siar penuh menayangkan semua pertandingan. Namun, melirik output video dan audio Orange TV saat ini, bukan tidak mungkin penonton yang mementingkan kualitas akan berpaling.

Ditambah lagi, Big TV sendiri disebutkan akan menargetkan pangsa pasar ke tingkat menengah ke bawah  dengan harga yang terjangkau. Apalagi, jika dengan hak siar empat pertandingan per pekan tersebut Big TV bebas me-relay pertandingan mana yang akan ditayangkannya. Tentu itu sudah mencukupi. Tidak bisa dipungkiri, pertandingan berkelas yang melibatkan klub-klub papan atas masih menjadi pilihan utama untuk disaksikan.

ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Follow me on Twitter : @pippoadhif

Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

About these ads