phobiaApakah anda ‘pengidap’ trypophobia? Trypophobia merupakan salah satu ‘penyakit tersembunyi’ di manusia. Banyak orang yang tidak menyadari dirinya ‘mengidap’ Trypophobia.
Trypophobia bisa dikatakan semacam rasa fobia terhadap lubang yang merupakan jenis penyakit psikologi pada manusia. Di wikipedia, meski masih rintisan, disebutkan, trypophobia dianggap sebagai perasaan takut berlebihan pada lubang-lubang kecil dalam cluster asimetris.
Apakah anda trypophobic? Untuk mengetahuinya, coba klik gambar berikut.

Klik disini untuk Gambar 1

Klik disini untuk gambar 2

Klik disini untuk gambar 3

Klik disini untuk gambar 4

Bagaimana efek yang anda rasakan?

Nah, jika anda merasa takut, geli, jijik, pusing, merinding, gatal dan melihat gambar diatas berupa lubang-lubang kecil seperti sarang lebah madu, jamur, biji bunga teratai, gelembung atau terumbu karang bisa jadi anda menderita trypophobia.

Kata trypophobia sendiri ditemukan sejak tahun 2005 yang merupakan kombinasi dari kata trypo (Yunani) yang artinya lubang dan phobia. Meski demikian, phobia ini tidak masuk ke dalam American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders atau tidak masuk dalam phobia sesungguhnya. Trypophobia sering juga disebut repetitive pattern phobia.

Cara Mengatasinya:
Anda harus melawan ketakutan dengan tetap berpikir positif. Anggaplah saja gambar-gambar merupakan gambar biasa. Lawan ketakutan dengan melihat gambar-gambar tersebut secara bertahap sampai terbiasa.

Iklan