Image

Channel Net Media yang menggantikan Spacetoon di Palapa D. (AdhifPress)

Sepekan terakhir, mungkin banyak yang kehilangan TV Anak Spacetoon setelah diakuisisi oleh PT Mediatama Indonesia. Di Kaskus sendiri sempat menjadi Hot Threads.

Frekuensi 4006, Polarity Vertical dan Symbol Rate 6400 yang sebelumnya digunakan Spacetoon di Palapa D juga sudah ditempati Net Media, channel milik mantan CEO Trans TV, Wisnutama dan Indika Energy.

Jauh sebelum itu, sebenarnya beberapa jaringan teresterial di luar Jakarta juga ikut menghilang. Siaran TV Anak Spacetoon di beberapa daerah di pulau Jawa telah diganti dengan siaran percobaan oleh stasiun televisi NET yang diluncurkan secara resmi, Ahad (26/05/2013).

Spacetoon MPEG 2 di Telkom 1. (Zemlenk)

Spacetoon MPEG 2 di Telkom 1. (Zemlenk)

Meskipun demikian, Spacetoon sebenarnya masih dapat dinikmati. Channel yang berada dibawah naungan Spacetoon Media Group yang didirikan tahun 1976 di Dubai, Uni Emirat Arab ini baru bisa disaksikan pengguna TV Satelit lewat satelit Telkom 1

Lewat satelit ini, Spacetoon mengudara dengan dua channel dalam satu frekuensi. Satu menggunakan sistem kompresi MPEG 2, sisanya memakai MPEG 4. Kontennya sama. Bedanya, hanya ada waktu delay sekitar 10 menit. Dalam hal ini, MPEG 2 lebih cepat dibanding MPEG 4.

Kedepannya, saya menduga bahwa channel ini tidak akan dipancarkan lewat teresterial lagi atau hanya fokus pada penyiaran lewat stasiun TV berlangganan.

Berikut data frekuensi lengkap channel Spacetoon di Satelit Telkom 1.

Spacetoon MPEG 4 di Telkom 1. (Zemlenk)

Spacetoon MPEG 4 di Telkom 1. (Zemlenk)

Frekuensi: 3733

Polarity: Horizontal

Symbol Rate: 4160

MPEG 2

SID: 0002

V PID: 0512

A PID: 4112

MPEG 4

SID: 0001

V PID: 1000

A PID: 2000

ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Follow me on Twitter : @pippoadhif

Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

Iklan