HASIL capture channel Feed yang diposting sekitar dua jam sebelum pertandingan. (Dok. Ginanjar Salawasnaka Persib)

HASIL capture channel Feed yang diposting sekitar dua jam sebelum pertandingan. (Dok. Ginanjar Salawasnaka Persib)

SEJUMLAH pengguna jejaring sosial, khususnya penikmat TV Satelit heboh. Bagaimana tidak, hasil akhir babak pertama pada pertandingan Persib Bandung vs New Radiant dalam Turnemen AFC Cup 2015 ‘sudah diketahui’ sebelum pertandingan tersebut digelar.

Dua jam sebelum kick off pertandingan, hasil pertandingan di babak pertama sudah terpampang di layar TV, 3-0. Ini bisa dilihat dalam FEED pertandingan yang ada di satelit Telkom 1.

FEED disini diartikan saluran atau program ‘mentah’ yang dikirim dari stadion sebelum diolah oleh stasiun televisi pemegang hak siar. Biasanya, bisa dilihat beberapa jam sebelum pertandingan. Disini terlihat kondisi terkini dan aktivitas para kru yang berada di lapangan. Mereka biasanya melakukan ujicoba siaran, mulai sound hingga papan skor sebelum ditampilkan di TV secara ‘resmi’.

Nah, di saluran FEED inilah salah satu pengguna TV satelit, Ginanjar Salawasnaka Persib, meng-capture foto tersebut dan mempostingnya melalui akun facebook-nya. Foto tersebut di-upload dua jam sebelum pertandingan. Kondisi lapangan masih tampak kosong. Yang menjadi pertanyaan, di foto tersebut tampak tertulis “1st” yang bisa diartikan babak dan hasilnya “PERSIB BANDUNG 3-0 NEW RADIANT SC’.

Seperti diketahui, dalam pertandingan yang disiarkan langsung di RCTI, hasil babak pertama memang 3-0 lewat gol A. Jufriyanto di menit 14′, M. Konaté menit 42′ dan A. Rizal di menit 45’+2.

Belum dapat dipastikan mengenai hal ini. Beberapa kemungkinan bisa terjadi. Bisa saja cuma kebetulan saja ketika kru melakukan serangkaian uji coba siaran. Ada juga yang menilai ‘papan skor’ tersebut merupakan hasil editan yang merupakan prediksi yang bersangkutan. Selain itu, sejumlah komentar di Facebook justru menilai ada pengaturan skor.

“Saya aneh gol terakhir aja td, pemain radiant sc belum siap dan membentuk pagar stlah terjadi pelanggaran didekat kotak penalti eh udah dimulai tendangan bebasnya, malahan ga kedengaran suara peluit wasit, entahlah mungkin Tuhan yg tau,” tulis Kim Sang Ji mengomentari foto tersebut.

“Seperti dipaksakan harus 3 – 0 didetik detik terakhir hmmm… #CMIIW #MyOpinion,” katanya menambahkan. (pip)

 

Abdullah Lathif Manjorang

Follow me on Twitter : @pippoadhif

Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

Iklan