Tim media saat check sound di Piala Eropa 2012. (Dok. @pippoadhif)

Pertengahan tahun memang sepi dari kompetisi liga-liga sepakbola, khususnya dari benua biru. Selain tentunya even khusus seperti Piala Dunia, Piala Eropa yang baru saja tuntas serta beberapa turnamen yang memang digelar setiap empat tahunan.

Dimasa-masa seperti sekarang yang tak kalah hangat adalah membahas pemegang hak siar kompetisi sepakbola besar di dunia, seperti Liga Italia, Liga Inggris, Liga Champions dan lainnya di stasiun televisi lokal. Termasuk membahas apakah tayangan tersebut ditayangkan secara Free To Air (FTA) atau di-scramble bagi pengguna parabola.

Berikut pemegang hak siar yang sepakbola eropa untuk musim depan dan beberapa turnamen akbar yang saya rangkum dari berbagai sumber termasuk prediksi apakah FTA/scramble di #TVSatelit.

Serie A untuk tahun emas TVRI. (Dok. TVRI)

1. Liga Italia (Serie A)

Setelah musim lalu sempat ditayangkan Indosiar, untuk dua musim kedepan, TVRI, stasiun televisi milik pemerintah, resmi memegang hak siar kompetisi yang yang baru saja digemparkan kasus scommessopoli ini. TVRI berniat memberikan perubahan menjadi stasiun televisi yang lebih elegan dalam ulang tahun emasnya. Tak tanggung-tanggung, TVRI akan menayangkan lima pertandingan secara live dan lima partai tunda. Selain Liga Italia, TVRI juga sudah mendapatkan hak siar Olimpiade London 2012

Isu yang berkembang, TelkomVision disebut-sebut memegang hak siar Serie A untuk kategori tv berbayar.

Prediksi: FTA 80 % – 20 % Scramble

MNC Group. (wikipedia)

2. Liga Inggris (Barclays Premier League)

Tidak berbeda dengan dua musim sebelumnya, MNC Group, melalui Global TV dan MNCTV masih memegang hak siar Liga Inggris untuk musim kedepan. Seperti diketahui, lisensi BPL telah dibeli oleh PT Media Nusantara Citra (MNC) dari ESPN Star Sports (ESS)dengan nilai US$ 20 juta selama 3 tahun sejak 2010/11 lalu.

Untuk kategori televisi berbayar juga masih dipegang anak perusahaan MNC Group, Indovisions, TOP TV dan OkeVisions.

Prediksi: FTA 1 % – 99 % Scramble

TransCorporation. (wikipedia)

3. Liga Spanyol (La Liga)

TransCorp, yang membawahi dua media Trans TV dan Trans 7, resmi memegang lisensi hak siar Liga Spanyol di Indonesia. Tentu saja ini mengakhiri simpang siur berita kepemilikan hak siar La Liga yang sebelumnya ramai disebut dimiliki RCTI. Sebelumnya, Trans Corp memang berupaya keras mendapatkan hak siar sepakbola asal negeri Matador ini. Dalam menayangkan pertandingan nanti, Trans TV dan Trans 7 akan saling berbagi. Rencananya, launching akan digelar Agustus mendatang.

Prediksi: FTA 20 % – 80 % Scramble

EMTEK Group. (Wikipedia)

4. Liga Champions & Liga Europa (UEFA)

Bertahun-tahun dimiliki MNC Group, hak siar turnamen bergengsi di Eropa ini resmi dimiliki PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) Grup yang menaungi SCTV, Indosiar dan tv berbayar teresterial NexMedia, untuk tiga musim kedepan.

Situs wowkeren.com menyebutkan sistem penyiarannya disesuaikan per musim yakni periode 2012-2013, 2013-2014 dan 2014-2015. Untuk Liga Champions, disiarkan dua partai langsung dan juga delapan partai tunda per matchweek pada babak penyisihan hingga perempat final.

Saat Liga Eropa, SCTV akan menayangkan dua partai langsung dan dua partai tunda pada babak penyisihan. Tak hanya pertandingan, dihadirkan pula jadwal laga, informasi sebelum dan sesudah pertandingan serta tayangan menarik lainnya.

Sementara, Indosiar menayangkan sedikitnya dua pertandingan tunda per pekan.   Untuk kategori tv berbayar, hak siar kedua turnamen ini dipegang NexMedia.

Prediksi: FTA 50 % – 50 % Scramble

Indosiar resmi siarkan Bundes Liga. (wikipedia)

5. Liga Jerman (Bundes Liga)

Lebih tujuh tahun absen dari tv lokal, kini Bundes Liga bisa disaksikan lagi. Setelah Serie A direbut TVRI, Indosiar beralih ke Liga Jerman. Stasiun televisi yang bernaung dibawah Emtek Group ini memegang hak siar selama satu musim.

Pertandingan yang disiarkan adalah semua tim dengan opsi menayangkan tim-tim besar pada setiap akhir pekan. Ada dua partai live untuk setiap akhir pekan. Laga perdana, Indosiar akan menayangkan Piala Super Jerman antara Borussia Dortmund kontra Bayern München, Senin (13/08) Pukul 01:00 WIB.

Prediksi: FTA 20 % – 80 % Scramble

antv dan tvOne resmi tayangkan Piala Dunia 2012. (vivanews)

6. Piala Dunia 2014 (2014 FIFA World Cup Brazil)

Masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk bisa menyaksikan Piala Dunia 2014. Bakrie Group sudah membeli hak siar turnamen akbar sejagat tersebut senilai USD 61,54 juta atau Rp. 577,983 miliar (kurs Rp. 9.393/USD).

tvOne dan antv pun resmi menjadi saluran televisi yang akan menyiarkan turnamen empat tahunan yang akan digelar di Brazil tersebut. Pertanyaannya, apakah tvOne dan antv akan mempertahankan eksistensinya sebagai televisi swasta yang tidak pernah mengacak program unggulannya lewat #TVSatelit? Patut ditunggu.

Untuk kategori tv berbayar, mereka dikabarkan tengah mencari pay tv yang bersedia menjalin kerjasama. Prediksi saya, ini akan erat kaitannya dengan SportOne, salah satu channel berbayar yang rencananya akan diluncurkan akhir tahun 2012.

Prediksi: FTA 50 % – 50 % Scramble

7. Piala Eropa 2016 (UEFA EURO 2016)

Masih sama dengan Piala Eropa yang baru saja tuntas di Polandia-Ukraina, hak siar turnamen empat tahunan ini masih dipegang oleh MNC Group. Mereka memboyong kontrak kompetisi yang akan digelar di Perancis ini bersamaan dengan Piala Eropa 2012. Sekedar informasi, Piala Eropa 2014 akan menyajikan lebih banyak pertandingan karena jumlah peserta yang sebelumnya 16, akan ditambah menjadi 24 negara.

Prediksi: FTA 1 % – 99 % Scramble

8. Sementara, untuk Liga Champions Asia dan AFC Cup masih dimiliki MNC group hingga 2016 mendatang. Perusahaan media milik Hary Tanoesoedibjo ini juga masih memegang hak Siar AFF Cup hingga 2020.

Prediksi: FTA 95 % – 5 % Scramble

ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Follow me on Twitter : @pippoadhif

Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

About these ads