Hasil lengkap poling saluran FTA EURO 2012. (adhifpress/capture)

Forsater, sebutan untuk member forumsatelit.com, optimis akan mendapatkan channel yang menayangkan UEFA EURO 2012 secara Free To Air (FTA). Padahal, saat ini cukup sulit bisa menyaksikan even besar secara FTA, apalagi dengan mengandalkan decoder standar yang hanya mendukung DVBS atau MPEG 2.

Namun, bukan Forsater namanya jika gampang menyerah. Mereka yakin bisa menonton perhelatan sepakbola terbesar di Benua Eropa ini. Diantara ribuan channel FTA yang dipancarkan dari puluhan satelit di angkasa sana diyakini akan ada yang menayangkan aksi pesepakbola dunia ini secara gratis.

Keyakinan ini diperoleh lewat poling yang digelar di situs www.forumsatelit.com paska berakhirnya Piala Dunia 2010 lalu. Poling tersebut ditutup Ahad, (27/05) tepat Pukul. 23.59 WIB. Hasilnya, sebanyak 71 vooters atau 62,3 % dari total 114 member yang mengikuti poling yakin ada channel yang menayangkan EURO 2012 secara FTA.

Sementara, 32 vooters (28,1 %) masih memiliki keraguan akan hal ini. Berkaca pada Piala Dunia lalu, banyak masyarakat yang tinggal di area blank spot tidak bisa menyaksikan seluruh pertandingan.

Apalagi, sekarang peraturan yang diterapkan semakin ketat ditambah harga jual hak siar yang membumbung tinggi. Zumna, salah seorang Forsater menyarankan agar penikmat televisi satelit untuk meng-upgrade ‘alat tempur’ dan memperbanyak koleksi satelit.

Senada dengan Zumna, pemilik nick Bowol justru pesimis bisa disuguhi turnamen sepakbola empat tahunan tersebut, kecuali memiliki peralatan pendukung yang diatas rata-rata. “Iya kalau ada yang FTA. Kalau gak ada gimana? Hak siar makin mahal, peraturan makin ketat dan provider juga lebih pintar dari pengalaman sebelumnya,” tukasnya dalam postingannya.

ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Follow me on Twitter : @pippoadhif

Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

Iklan