GMM Grammy saat memenangkan hak siar Euro 2012. (nationmultimedia)

Tiga stasiun televisi Thailand, Thai TV 3, ModerNine dan TV 5 Thai dipastikan akan meng-scramble (acak) tayangan Euro 2012 yang dipancarkan dari satelit Thaicom 5, baik melalui jalur C-Band maupun KU-Band.

Padahal, ketiga channel ini merupakan andalan penikmat televisi Free To Air (FTA) via satelit untuk menyaksikan kompetisi sepakbola terbesar di Eropa tersebut. Selain karena menggunakan komentator berbahasa Inggris, tampilan gambar juga lebih jernih.

Sebenarnya, pengguna satelit FTA ditambah 2 juta pelanggan TrueVisions di Thailand sudah ketar-ketir saat mengetahui hak siar Euro 2012 dimenangkan salah satu provider TV Kabel di Thailand, GMM Grammy.

Kekhawatiran tersebut pun benar-benar menjadi kenyataan. GMM Grammy memutuskan untuk menggunakan decoder khusus selama disiarkannya EURO 2012. Persis ketika MNC menggandeng Matrix Bola saat menayangkan Piala Dunia 2010.

Decoder Z Box milik Grammy. (ps-satcom)

Decoder itu dinamakan GMM Z Cable Box. Sementara, pengguna parabola diharuskan menggunakan GMM Z Box. Belum diketahui jenis acakan yang digunakan stasiun tv ini saat EURO nanti. Yang jelas, saat pertandingan berlangsung, layar televisi akan blank.

Sementara, hingga saat ini pesaingnya, TrueVisions, yang bergerak dibidang tv berbayar melalui kabel dan satelit juga belum mendapat kepastian mendapatkan hak siar tersebut. Pertengahan 2011 lalu, saya sempat melihat iklan Euro 2012 di channel True Sport-nya TrueVisions.

Namun, sejak sejak UEFA merilis bahwa GMM Grammy memenangkan hak siar EURO 2012, praktis iklan tersebut pun ikut hilang. Bahkan, hingga tulisan ini diposting, saya belum menemukan iklan berbau Euro 2012 di website resmi TrueVisions.

Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, bagi anda pengguna parabola silahkan cari alternatif lain. Masih banyak channel lain yang bisa kita jadikan tumpuan untuk menyaksikan EURO 2012, secara gratis tentunya.

Salam Penikmat TV Satelit!

ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

Follow me on Twitter : @pippoadhif

Iklan