Hasil polling lengkap Forumsatelit.com.

tvOne menjadi channel terfavorit kategori channel Indonesia yang dipancarkan melalui satelit di semester pertama 2011 dalam polling yang dilakukan di situs forumsatelit.com sejak Desember 2010 lalu. tvOne berhasil menduduki peringkat pertama dari 28 stasiun televisi yang diikutsertakan.

Channel yang memiliki slogan ‘Terdepan Mengabarkan’ ini meraih 39 suara atau merebut 25.3 % dukungan dari 154 voters. Sebagai saluran televisi dengan kontennya yang banyak diisi dengan program news dan sport, tvOne dinilai mampu meracik materinya secara menarik dan tidak membosankan.

Dalam menyajikan pemberitaannya, tvOne mampu menghadirkannya dengan nuansa baru dan ‘segar’, yang mendobrak program berita yang selama ini dianggap sebagai program yang membosankan. Demikian juga dengan dialog yang selama ini ditinggalkan oleh penonton, melalui tvOne, acara dialog seperti Jakarta Lawyer Club (JLC) kini ditunggu-tunggu oleh pemirsa.

Selain itu, ‘keberanian’ dan ‘pengorbanan’ channel yang sebelumnya bernama Lativi ini dalam menghadirkan La Liga (Liga Spanyol) sampai 7 pertandingan per pekan dan tinju dunia secara Free To Air (FTA) juga menjadi hal penting yang menyokong tingginya dukungan Forsaters (sebutan member forumsatelit.com).

Selama ini masyarakat yang menyaksikan televisi via Digital Satellite Receiver (DSR) atau akrab disebut pengguna parabola sulit sekali menikmati siaran sepakbola, apalagi liga-liga Eropa. Sebut saja Liga Inggris atau Liga Italia, masyarakat yang berada di area blank spot tersebut mesti memasang pay tv (tv berbayar) yang telah bekerjasama oleh pemegang hak siar. Khusus Liga Italia, sebelum Indosiar mengambil hak siar menjelang akhir musim 2010/2011.

Padahal, kebanyakan mereka yang tinggal dia area blank spot hidup dengan ekonomi yang pas-pasan. Bagaimana mungkin mau mengeluarkan ratusan ribu hanya untuk menonton saja. Nah, dengan hadirnya tvOne yang berani menayangkan La Liga secara komplit dan gratis, tentu saja ibarat pengembara yang menemukan sumur di tengah padang tandus.

Sementara, secara mengejutkan, di peringkat kedua ditempati Trans 7. Kekuatan stasiun televisi yang bernaung dibawah PT Trans Corpora ini adalah tayangan Overa Van Java (OVJ) yang dinilai Forsater sebagai tayangan yang sangat menghibur.

Trans 7 juga dicap sebagai saluran televisi yang penuh dengan hiburan, selain programnya yang cukup berpengaruh seperti MotoGP. Penggemar Casey Stoner, Valentino Rossi, Dani Pedrosa dan Nicky Hayden tentu tidak akan menyia-nyiakan tayangan ini.

Trans 7 juga dinilai banyak diisi dengan unsur pendidikan, khususnya pengetahuan tentang alam melalui program-programnya yang bertajuk tentang penjelajahan.

Simak komentar Forsater mengenai channel lokal di Indonesia. Klik Disini.

Nah, apakah forumsatelit.com?

Secara ringkas, forumsatelit.com adalah sebuah forum, tempat berkumpulnya pecinta televisi atau yang gemar mengupas hal-hal yang berbau dunia persatelitan. Forsat, demikian biasa disebut dan  membernya dipanggil dengan sebutan Forsater.

Forsater berasal seluruh wilayah Republik Indonesia, beberapa member juga ada berdomisili dari Australia, Malaysia dan Jepang serta beberapa negara asing lainnya.

Mereka didominasi oleh warga yang tinggal di area blank spot. Artinya, hanya bisa menyaksikan televisi melalui satelit. Meski ada beberapa yang bisa menikmati via teresterial, namun parabola tetap menjadi pilihannya lantaran tampilan yang dihasilkan lebih baik dan tentu saja penuh tantangan untuk menjelajahi pertelevisian di dunia.

Saat ini, forumsatelit.com merupakan forum terbaik di Indonesia yang membahas tentang persatelitan. Dalam melakukan aktifitasnya, Forsater diwajibkan untuk mematuhi Netiket selain Undang-Undang (UU) Forsat. Forsat juga menjadi sarana beberapa pay tv (tv berbayar) di Indonesia untuk mempromosikan diri dan memperbaiki kualitasnya.

Abdullah Lathif Manjorang

@pippoadhif

Nick Forsat : pippo_adhif

Iklan