(Tempo)

Situs studentmagz.com mengklarifikasi artikelnya yang berjudul Fakta di Balik Ufo Sleman. Klarifikasi tersebut dimunculkan karena narasumber yang disebut-sebut sebagai pembuat crop circle di Sleman, sulit untuk dihubungi kembali.

Berikut klarifikasi admin situs tersebut dalam postingannya yang berjudul ‘Klarifikasi Artikel Ufo Sleman’ :

Seperti sudah diberitahukan sebelumnya bahwa penulis artikel dan narasumber hingga hari ini, Rabu (26/1) belum bisa dihubungi.

Sebelum di-edit, dalam artikel fakta di balik jejak Ufo Sleman disebutkan nama Universitas tertentu. Melihat sekarang berita crop circle itu semakin liar di beberapa media, founder Studentmagz.com belum bisa menghubungi penulis meminta kembali mengkonfirmasi narasumbernya, walaupun ia sempat mengatakan sang mahasiswa belum online juga sejak terakhir chatting Senin (24/1) 23:30 malam lalu.

Di sisi lain, Tim Lapan menyebutkan arah jatuh padi jejak Ufo di Sleman searah jarum jam menguatkan statement dalam artikel tim Studentmagz.com yang mengatakan padi jatuh searah.

Banyak penggila Ufo tidak percaya bahwa crop circle itu buatan manusia, mungkin karena mereka belum melihat cara membuat crop circle yang katanya jejak Ufo itu.

Klarifikasi Artikel dan Pemberitaan Media

Berdasarkan artikel pada Fakta di Balik Ufo Sleman, ada beberapa hal yang harus diluruskan, karena beberapa pemberitaan media yang merujuk pada Studentmagz.com kurang akurat. Tidak sesuai seperti yang tertulis.

– Alat Pembuat Crop Circle
Tim Studentmagz.com tidak pernah menyebutkan bahwa narasumber (mahasiswa) menggunakan pembajak beroda, tapi hal itu adalah sebuah analisa sang penulis.

– Mahasiswa Universitas Tertentu
Beberapa forum membuat judul besar bahwa 6 orang mahasiswa sebuah Universitas di Jogja, namun dalam artikel Ufo Sleman terpaksa di-edit karena baik penulis maupun narasumber belum bisa dikonfirmasi dua kali soal ini. Tapi si penulis mengaku kepada founder bahwa ia kenal dengan narasumber yang benar-benar kuliah di Jogja, tapi apa benar di Universitas yang disebutkan itu? Di Jogja juga masih banyak kampus lain.

Dari tidak bisa dihubunginya nara sumber dan penulis oleh tim kami, maki Studentmagz.com berkesimpulan bahwa tentu ada dua penyebabnya:

Pertama, nara sumber berbohong lalu takut dicerca banyak dan menyembunyikan identitas diri. Sang penulis, mungkin, merasa dibohongi dan malu karena dalam penulisan tidak melakukan cross-check terlebih dahulu.

Kedua, memang benar sang mahassiswa yang katanya kuliah di Jogja itu pelakunya, jadi tidak heran kalau dia bersembunyi karena kepolisian Sleman akan menangkapnya. Sementara sang penulis juga takut diinterogasi, dan takut disalahkan telah membuat artikel yang tak berimbang…

Nah, jika ada kalangan netter dan forumer mengatakan bahwa artikel Fakta di balik Ufo Sleman itu Hoax alias sampah, sah-sah saja. Karena pihak Studentmagz.com merasa tidak ada yang dirugikan dengan tulisan tersebut. Tapi jika ada yang keberatan dengan artikel itu silakan beritahu kami lewat kontak. (Studentmagz.com)

Iklan