JAKARTA (adhifPRESS)

Koalisi PKS dan Demokrat menimbulkan pro dan kontra baik dari kader, simpatisan, maupun masyarakar luas. Berbagai pemikiran pun datang menanggapi aksi koalisi ini. Ternyata, ada 11 poin kesepakatan antara dari kedua pihak tersebut.

Seperti yang adhifPRESS kutip dari Eramuslim, PKS dan Partai Demokrat telah menandatangani Piagam Kerjasama dan Kesepakatan Operasional Koalisi. Kata kunci Piagam Kerjasama adalah kesepakatan memberikan respon dengan mengutamakan prinsip kepedulian dan keberpihakan kepada rakyat Indonesia. Untuk lingkup regional dan internasional memelopori ketertiban dunia dan konsisten mendukung perjuangan bangsa-bangsa yang belum merdeka seperti Palestina dan negara lainnya.

11 Point Target Kerja Koalisi

  1. Kepemimpinan Nasional : Mengusung pemimpin yang visioner, tegas, bersih dan loyal serta membangun sistem dan dan budaya yang kondusif bagi kepentingan negara dan bangsa.
  2. Pemberantasan KKN : Penegakkan hukum yang sungguh-sungguh dan konsisten tanpa pandang bulu.
  3. Sistem Demokrasi yang Dinamis dan Stabil : Terciptanya pemerintahan yang kuat, memberikan keleluasaan diangkatnya alternative dan solusi KEISLAMAN DAN KEBHINEKAAN.
  4. Reformasi Birokrasi : Membangun birokrasi bersih, peduli, professional berbasis meritrokrasi dan mengedepankan prinsip Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.
  5. Otonomi Daerah yang Efektif dan Efesien : Otonomi Daerah ditujukan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah dalam bingkai NKRI
  6. Ekonomi yang Kuat dan Mandiri: Berpihak kepada EKONOMI KERAKYATAN dalam rangka kesetaraan dan keadilan.
  7. Kedaulatan Pangan, Energi, dan Air : Kemandirian pangan, energi dan air melalui program ekstensifikasi, diversifikasi dan rehabilitasi.
  8. Mengentaskan Kemiskinan dan Pengangguran : Mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi serta peluang usaha, akses informasi pemasaran dan permodalan.
  9. Membangun Martabat Bangsa : Penguaan moral bangsa dan penguatan budaya asli bangsa, relijius, gotong royong melalui gerakan kebudayaan.
  10. Kesempatn Pendidikan : Memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh rakyat untuk mendapatkan pendidikan.
  11. Kesehatan Paripurna : Mewujudkan sehat paripurna melalui pelayanan kesehatan berkualitas dan terjangkau.

Piagam Kerjasama ditandatangani tanggal 15 Mei 2009 M oleh Presiden dan Sekjen PKS serta Ketua Umum dan Sekjen Partai Demokrat.

Apakah piagam kerjasama antara PKS dan Partai Demokrat ini cukup visible, khususnya bagi pembangunan masa depan bangsa? Apakah piagam kerjasama ini dapat menjadi sebuah solusi yang memadai bagi mengatasi krisis bangsa? Apakah piagam kerja sama ini akan memiliki legitimasi yang kuat untuk diimplementasikan menjadi sebuah kebijakan politik? Apakah kedua belah fihak yang sudah menandatangani piagam kerjasama benar-benar memiliki komitment atas piagam itu?

Publik setidaknya dapat melakukan penilaian secara objektif, kerjasama (koalisi), yang dibangun antara PKS dengan Partai Demokrat, yang mendukung pemerintahan SBY, selama lima tahun yang lalu.

Sejak 2004-2009, pemerintahan SBY, mendapatkan dukungan politik dari PKS. Apakah dengan dukungan itu telah menghasilkan perubahan besar?  Terutama  bagi perbaikan di  sektor-sektor  kehidupan, seperti pendidikan, penegakkan hukum, perbaikan birokrasi sipil, perbaikan sistem ekonomi yang mandiri, dan lebih berpihak kepada rakyat dan kepentingan nasional, pengurangan tingkat pengangguran, menjaga martabat bangsa, dan menjaga sumber daya alam Indonesia dari penguasaan asing, serta kebijakan luar negeri yang membela negeri-negeri muslim terjajah Barat?

Iklan