MEREK (adhifPRESS)

Puluhan hektar hutan negara Register III K musnah terbakar di Aek Bolon Desa Sikodon-Kodon Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Selain itu, api juga membakar kawasan hutan rakyat yang berada disekitarnya.

“48 Ha hutan Negara Register III K, Gerhan 2007 dan hutan rakyat terbakar. Kawasan ini memang sering terbakar, apalagi musim kemarau,” ujar Kabid Pembinaan dan Pelestarian Hutan Dinas Kehutanan Kabupaten Karo Sucipto kepada adhifPRESS, Selasa (9/6/09) di Kabanjahe.

Berdasarkan laporan UPTD Dinas Kehutanan Kecamatan Merdeka, imbuhnya, asal mula api diduga dari perladangan masyarakat. “Bisa saja masyarakat buang api rokoknya sembarangan atau membakar lalang di ladang masyarakat  sehingga menjalar begitu cepat ke kawasan hutan negara. Tapi, sekarang api tersebut sudah padam,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya tetap memantau keadaan kawasan yang terbakar kemarin malam itu. “Kami telah menurunkan tim untuk meninjau langsung peristiwa kebakaran hutan dan kasus itu  telah ditangani  Polsek Tiga Panah untuk menyelidiki sebab-sebab peristiwa kebakaran hutan  tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Tiga Panah AKP J Situmorang mengaku belum menerima laporan dari Dinas Kehutanan Karo soal peristiwa kebakaran hutan itu. “Soal kebakaran hutan itu adalah urusan Dinas Kehutanan. Silahkan hubungi pihak UPTD Dinas Kehutanan Merek,” ujarnya.

Iklan