UPDATE: Jum’at, 22 Juni 2012 (Baca detail per poin)

Saat saya menge-check statistik blog ini, sempat kaget melihat banyaknya pengunjung yang ‘terdampar’ dari om google lewat kata kunci ‘tv euro 2012 live free on air’, ‘channel tv yang menayangkan euro 2012 secara fta’,stasiun fta euro 2012’, dan lain-lain.

Artinya, meski sudah hampir memasuki babak perempat final, masih banyak penikmat #TVSatelit yang kebingungan mencari dimana bisa menyaksikan Euro 2012 secara gratis lewat parabola. Tentunya tanpa embel-embel acakan Biss Key, Power Vu, Video Guard, dsb. Padahal, channel gratisan yang dimaksud masih tidak berbeda dengan Piala Dunia 2010 lalu.

Inilah stasiun televisi yang menayangkan Euro 2012 secara Free To Air (FTA) atau gratis lewat parabola:

Penampakan suporter Ukraina di XJTV 5. (Dok. Bang Rokip)

1. XJTV 5

Penikmat #TVSatelit cukup dikagetkan saat CCTV 1 dan CCTV HD tidak menayangkan Euro 2012 sejak Selasa (19/6) dinihari. Untuk itu, saya tambahkan satu channel yang menayangkan Euro 2012 secara gratis dan Free To Air (FTA). XJTV 5 me-relay siaran berbayar CCTV 5 dan berada satu satelit dengan CCTV 1 di Chinasat 6A. Hingga laga perempat final antara Ceko vs Portugal, channel ini masih FTA.

Cara mudah mendapatkan channel XJTV 5

1. Masukkan Frek. 4080 | Pol. Hor | SR. 27500 ke decoder anda.

2. Saat anda masukkan frekuensi tersebut, intensitas tetap tinggi. Abaikan itu karena frekuensi tersebut juga digunakan Metro TV dkk di Palapa D.

3. Lalu, turunkan dish (parabola) ke arah timur secara perlahan sampai muncul kembali signal di decoder anda.

4. Cari intensitas tertinggi. Lalu, scan. Akan muncul channel CCTV 1 dkk di decoder anda.

5. Kemudian, masukkan Frek. 4120 | Pol. Hor | SR. 27500 ke decoder anda. Lalu, scan. Akan muncul channel XJTV 5 dkk. Selamat mencoba!

Satelit

Frekuensi

Polarity

SR

System

Quality

Chinasat 6A (125.0°E)

4120

Horizontal

27500

DVB-S/MPEG-2

SD

CCTV 1, saluran alternatif bagi pemilik decoder standar.

2. CCTV 1

Channel ini berada di dua satelit, yaitu di Chinasat 6B dan Chinasat 6A. Soal tampilan video jangan bandingkan dengan RCTI, apalagi keluaran pay tv seperti Indovisions, TOP TV atau OkeVisions. Gambarnya lebih ‘bening’ dan lebih ‘cling’ dari RCTI. Hanya saja, kekurangan channel ini komentatornya berbahasa mandarin dan tulisan Hanzi. Selain itu, channel ini juga delay sekitar 30 detik dibandingkan RCTI. Untuk tracking sangat mudah. Tidak terlalu jauh dari Palapa D dan jangkauannya yang memang menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

Satelit

Frekuensi

Polarity

SR

System

Quality

ChinaSat 6B (115.5°E)

3840

Horizontal

27500

DVB-S/MPEG-2

SD

ChinaSat 6A (125.0°E)

4080

Horizontal

27500

DVB-S/MPEG-2

SD

CCTV 22, beningnya bikin ngiler. (courtesy: bro ion)

3. CCTV 22

Hmm.. Sebenarnya channel ini yang sangat menggiurkan. Khususnya bagi anda pemilik receiver atau decoder yang sudah support High Defenition(HD), apalagi sudah terbiasa nonton pakai LCD, LED atau Plasma TV yang Full HD. Channel ini akrab disebut dengan CCTV HD, meski nama sebenarnya CCTV 22. Soal tampilan gambar atau video nggak usah ditanya lagi. Kekurangannya, masih sama dengan CCTV 1, komentatornya berbahasa mandarin, pakai tulisan Hanzi dan ada delay dibandingkan RCTI.

Satelit

Frekuensi

Polarity

SR

System

Quality

Chinasat 6B (115.5°E)

4100

Vertical

27500

DVB-S/MPEG-2

HD

Россия, tantangan yang terbayarkan. (courtesy: bang Rokip)

4. Россия 1 dan Россия 2

Butuh tenaga ekstra untuk mendapatkan channel ini. Tapi, akan terbayar lunas setelah anda bisa lock dengan baik. Soal gambar atau video, puas banget deh. Kedua channel yang dipancarkan dari satelit Yamal 202 (49.0°E) ini menayangkan Euro 2012 secara bergantian. Kalau ada pertandingan yang serentak, keduanya pun ikut saling berbagi dalam menyiarkan. Tidak ada iklan atau running text yang mengganggu saat pertandingan berlangsung, hanya ada logo kecil disebelah kiri atas layar televisi.  Komentatornya berbahasa Russia, tapi cukup asyik didengar bagi yang bahasa Inggris-nya masih dibawah rata-rata seperti saya. Oya, selain itu, Россия 2 juga menayangkan Liga Inggris secara FTA lho.

Channel

Frekuensi

Polarity*

SR

System

Quality

Россия 1

3936

L/Vertical

3230

DVB-S/MPEG-2

SD

Россия 2

4156

L/Vertical

10050

DVB-S/MPEG-2

SD

                                                       *polarity tergantung sekat

VTV saat menayangkan Final Liga Champions beberapa waktu lalu.

5.VTV 2 dan VTV 3

Berada di satelit Vinasat 1, menggunakan pita frekuensi KU Band. Jika dibandingkan dengan ketiga channel sebelumnya, tampilan video kedua channel ini masih dibawah rata-rata. Memakai komentator berbahasa Vietnam. Tapi, channel ini sangat recommended lantaran Piala Dunia 2010 lalu juga menayangkan secara gratis atau FTA. Saat Final Liga Champions kemarin, dimana ketika itu RCTI diacak, di saluran ini justru bisa disaksikan secara FTA. Channel ini juga ada di pita frekuensi C-Band disatelit yang sama. Tapi, diacak khusus pada Euro 2012 dan Piala Dunia sebelumnya.

Satelit

Frekuensi

Polarity

SR

System

Quality

Vinasat 1 at 132.0°E

11549

Horizontal

28500

DVB-S/MPEG-2

SD

6. Ariana TV

Saat CCTV tidak menayangkan Euro 2012, secara mengejutkan channel yang berada di satelit Insat 3A ini menayangkan partai Kroasia vs Spanyol, Selasa(19/6) dinihari. Berikut data resminya:

Satelit

Frekuensi

Polarity

SR

System

Quality

Insat 3A/4B (93.5°E)

4141

Vertikal

5150

DVB-S/MPEG-2

SD

Tampilan video SBS HD yang jernih. (dok. M Djuliansyah)

7. SBS HD

Berada di satelit Optus D1 dan menggunakan jalur KU Band. Channel ini nantinya akan menayangkan 4 pertandingan Euro 2012, termasuk final dan 4 siaran tunda. Sayangnya, karena posisi saya di Sumatera, masih mustahil rasanya bisa lock satelit ini. Jadi, saya tidak bisa review lebih jauh. Namun, melihat namanya saja, tentu buat ngiler dengan kualitas HD-nya.

Satelit

Frekuensi

Pol

SR

System

Quality

Optus D 1 (160.0°E)

12391

Hor

12600

DVB-S/MPEG-2

HD

Di channel FEED, bisa melihat iringan bus pemain yang dikawal polisi.

8. FEED

Nah, ini dia idola saya. Saluran langsung dari stadion, tanpa iklan, tanpa logo televisi, tanpa running text, tanpa komentator di waktu jeda dan bisa pilih pakai komentator (english) atau tidak disaat pertandingan berlangsung. Pokoknya, saluran ini masih mentah dari Polandia dan Ukraina. Ada di beberapa satelit yang enkripsi BISS, tapi ada juga lho yang Free To Air (FTA).

Di channel ini, kita bisa melihat suasana stadion 3 jam sebelum kick off, dimana stadion terlihat masih kosong melompong. Bisa juga menyaksikan bagaimana supporter yang sedang memasang spanduk atau bendera di stadion. Kerennya lagi, kita bisa menyaksikan bagaimana iring-iringan bus pengantar pemain dikawal polisi saat hendak menuju stadion, kemudian saluran ini juga menyorot ruang ganti pemain. Pokoknya, puas banget deh.

Selain itu, kelebihan channel ini juga lebih cepat 15-30 detik dibandingkan RCTI. Kalau anda nonton di channel ini, kemudian tetangga anda nonton di Indovisions, TOPTV atau OkeVisions, dijamin kalau ‘gol’ anda akan teriak duluan dibanding tetangga anda. Yahh.. wajar saja, namanya juga langsung dari stadion. :D

Untuk frekuensinya, maaf saya tidak sebar disini. Masih rentan banget soalnya. Khawatir nanti ada ‘surat kaleng’ ke empunya FEED, trus diacak lagi kayak sebelumnya. Bagi yang penasaran, silahkan mentions saya di @pippoadhif, baru saya kirimin melalui DM.

UPDATE FEED : Channel FEED yang saya maksud adalah di satelit Apstar 2R di frekuensi 3840, Pol: H dan SR: 27500. Namun, sejak pertandingan diadakan serentak pada Pukul 01.45 WIB, FEED tersebut tidak menyiarkan lagi.

Nah, terakhir, sebagai catatan bagi anda, dari semua channel diatas, tidak ada jaminan akan bisa disaksikan gratis sampai final, terlebih lagi FEED. Namun, belajar dari even-even sebelumnya, seperti Piala Dunia dua tahun lalu, CCTV 1, CCTV 22 dan VTV menayangkan secara gratis sampai babak Final. Semoga terulang lagi dalam turnamen ini biar semua masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan, bisa menyaksikan turnamen terbesar di Eropa ini. Salam penikmat #TVSatelit!

ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Follow me on Twitter : @pippoadhif

Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

Baca juga:

Update Klasemen, Hasil dan Jadwal EURO 2012

Forsater Optimis Saksikan EURO 2012 Secara FTA

About these ads