(Dokumen Indiarto Priadi)

Dua stasiun tv milik Bakrie Group, antv dan tvOne dipastikan akan menayangkan Piala Dunia 2014. Kepastian kedua stasiun televisi yang bernaung dibawah PT. Visi Media Asia tbk ini diperoleh lewat kicauan Indiarto Priadi di akun twitter-nya.

Melalui twitnya, penyiar tvOne ini meng-upload dua buah foto yang menunjukkan sejenis reklame yang bertuliskan Official Broadcaster 2014 FIFA World Cup. Diatas tulisan itu terpampang logo tvOne dan antv.

Kabar ini sebenarnya tidak cukup mengejutkan. Pasalnya, Bakrie Group melalui PT Bakrie Capital Indonesia, sudah mengantongi hak siar hajatan sepak bola terbesar sejagat itu, Oktober 2011 lalu.

Hak siar tersebut termasuk tayangan di televisi terestrial dan televisi berbayar (pay tv), baik televisi satelit maupun tv kabel. Selain itu hak siar juga mencakup layanan televisi streaming, radio, media cetak dan online, serta public viewing. Piala Dunia Brasil sendiri akan berlangsung 12 Juni-13 Juli 2014 dengan total 64 pertandingan.

Yang menjadi pertanyaan, apakah tvOne akan mempertahankan konsistensinya sebagai televisi Free To Air (FTA) yang belum pernah tercatat mengacak tayangannya lewat satelit. Jika ini terjadi, tentu Bakrie Group akan mengeluarkan modal yang cukup besar karena mengambil hak siar secara global.

(Dok. Indiarto Priadi)

Namun, dibalik itu resiko juga harus siap diterima perusahaan milik Abu Rizal Bakrie ini. Diantaranya, tuntutan dari stasiun televisi negara luar, apalagi cakupan tvOne cukup luas. Seorang teman di Jepang mengaku bisa menerima tvOne dengan jelas.

Jika diacak, bagaimana dengan nasib masyarakat di area blank spot. Sepanjang pengetahuan saya, Bakrie Group belum memiliki pay tv. Mungkinkah akan menggandeng perusahaan decoder untuk membuat decoder khusus seperti ketika RCTI bekerjasama dengan Matrix Bola di Piala Dunia 2010 dan Matrix Soccer di Piala Dunia 2006? Adakah hubungannya dengan channel SportOne?

Perjalanan masih panjang, mari kita sama-sama wait and see aja.. :D

ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Follow me on Twitter : @pippoadhif

Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

 

About these ads